KOMUNIKASI MODE DIGITAL

 

​Seperti kita ketahui pada dunia amatir radio, komunikasi dilakukan dengan menggunakan berbagai cara. Yang paling kita kenal komunikasi menggunakan ucapan / berbicara melalui gelombang radio. Ada pula dengan komunikasi menggunakan kode-kode suara yang di kirim yaitu kode morse. 


​Selain kode morse juga ada dengan menggunakan kode-kode lain yang di hasilkan oleh komputer atau alat lain yang kecepatannya sangat tinggi sehingga kita akan sangat sulit menterjemahkan kode-kode tersebut tanpa bantuan komputer atau alat lainnya. Inilah yang membedakan komunikasi dengan kode morse dan  komunikasi dengan kode digital atau sering dikenal dengan mode digital atau singkatnya digimod.

​Banyak amatir radio salah mengartikan digimod adalah kode morse yang di kirim dengan kecepatan sangat tinggi sehingga kita tidak bisa lagi menterjemahkan kode morse tersebut karena sangat cepat. Hal ini sama sekali tidak benar. Kode digital (digimod) memiliki format yang berbeda dengan kode morse yang terbentuk oleh suara DIT dan DAH.

Digimod mempunyai format tersendiri yang dasarnya berasal dari kode binari komputer. Detil tentang format digital merupakan bagian tersendiri yang penulis tidak akan terangkan di sini.

​Banyak amatir radio sering menyangka komunikasi digimod berarti komunikasi menggunakan internet seperti komunikasi jaman modern seperti Whatsapp, dll. Pada dunia amatir komunikasi digimod tetap di lakukan melalui pancaran gelombang radio dari transceiver yang dimilikinya. Sama sekali tidak melalui media internet sedikitpun. Blok diagram di bawah ini menggambarkan komunikasi digimod yang dilakukan oleh amatir radio.

Jadi seperti terlihat dari gambar diatas, komunikasi digital murni menggunakan frekuensi / gelombang radio yang di pancar terimakan melalui transceiver. Tentu saja frekuensi yang dipergunakan adalah sesuai alokasi frekuensi bagi amatir radio. 
Interface / antarmuka di sini adalah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk menghubungkan transceiver dan komputer agar saling bisa berkomunikasi. Seperti apa itu interface? Akan diterangkan pada bagian lain.

Sedangkan komputer / laptop disini berfungsi untuk menjalankan program / software yang akan di gunakan untuk membantu kita melakukan komunikasi digital. Atau dengan kata lain program pada komputer yang akan mengubah kode-kode digital yang di terima dari transceiver sehingga kode digital tersebut dapat kita mengerti. Dan juga sebaliknya program pada komputer akan mengubah pesan yang kita kirim menjadi kode-kode digital dan selanjutnya akan dikirimkan lewat pancaran gelombang radio melalui transceiver.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Dear panitia ses HUT Pacitan 8b276pn saya sdh cek in pada ssb 40m kenapa tidak ada sertifikat nya ? Mohon info de YD1BBW

    BalasHapus