Aktivasi SOTA Gunung Pawangan YBJ/JI-133


 
Sesuai dengan rencana Tim SOTA ORARI Lokal Pacitan pada Ahad/Minggu (7/02/2021) nanti akan menggetarkan Puncak Gunung Pawangan melalui frekuensi 145.140 MHz. SOTA adalah kependekan dari Summits On The Air, sebuah aktifitas khas Amatir Radio di luar ruangan (out door). Kekhususan SOTA dilaksanakan di tempat tertinggi dari  sebuah gunung dengan kriteria tertentu sehingga teregistrasi secara internasional sebagaimana dicantumkan dalam https://www.sotamaps.org/
Puncak gunung Pawangan sendiri berada pada lokasi : -8.1029S  111.183296E (OI51ov) dengan ketinggian : 538 mdpl (1765 ft) masuk wilayah Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari. Puncak gunung Pawangan ini sudah terigistrasi untuk kegiatan Amatir Radio : YBJ/JI-133. Selain puncak gunung ini di wilayah Kabupaten Pacitan sudah terigistrasi untuk SOTA antara lain puncak Suroloyo, Puncak Timang, Puncang Gunung Tenong, Gunung Limo, Jepen, Gembes Bandar, dan lain-lain.




Tim SOTA dari ORARI Lokal Pacitan, yang akan melaksanakan kegiatan di gunung Pawangan adalah Nurul Burhan YD3AXD, Joko Wahyudianto YD3CNH dan Mamat Luqman YC3EQN. Kegiatan ini adalah kegiatan pribadi dari masing-masing anggota ORARI dengan pembimbingan dan pembinaan dalam Klub Stasion YH3AB ORARI Lokal Pacitan.
Agus Hadi Prabowo YB3HQM, Ketua ORARI Lokal Pacitan menyatakan,"ORARI adalah organisasi hobby di bidang ketrampilan komunikasi radio, amatir radio tidak hanya terampil bagaimana berbicara di depan mikropon tetapi amatir radio juga dituntut untuk mempersiapkan (set-up) stasion radio mulai dari awal mendirikan antena, mempersiapkan catu daya sampai secara sempurna bisa digunakan komunikasi dengan pihak lain". Beberapa hal ketentuan khusus dilaksanakannya SOTA adalah di daerah/lokasi yang sudah ditentukan, di luar ruang, tidak boleh menggunakan sumber listrik PLN/genset, tidak diperkenankan di dalam atau dekat kendaraan. Memang dalam pelaksanaan tidak ada yang mengawasi tetapi tingkat kejujuran seorang amatir radio dipertaruhkan dalam kegiatan SOTA ini.
Target dari kegiatan SOTA ini adalah, berkomunikasi sebanyak-banyaknya dengan Amatir Radio yang lain. Untuk SOTA pada Ahad di Gunung Pawangan nanti dimulai pukul 13:00 WIB (06:00 UTC) menggunakan VHF  pada 2 meter band pada frekuensi 145.140 MHz. Kegiatan diawali dengan memanggil stasion amatir radio yang bisa mendengar panggilan dan meresponnya lalu terjadilah komunikasi. Dalam amatir radio sebuah komunikasi radio dianggap sah jika terjadi pertukaran tanda panggilan (call-sign) dan laporan penerimaan.
Catatan komunikasi yang telah dilakukan antara aktivator (yang berada di puncak gunung, YD3AXD dkk) dan juga Chaser (yang berhasil komunikasi dengan YD3AXD dkk) di-entry pada : https://www.sotadata.org.uk/en/nggu dan akan mendapatkan point tertentu. Inilah uniknya sebuah hobby. Mungkin bagi orang lain tidak begitu menarik tetapi bagi penghobi adalah sesuatu yang bernilai tidak begitu saja dilewatkan. Namun demikian sebagaimana dalam Kode Etik Amatir Radio adalah berjiwa seimbang, artinya radio merupakan hobbynya, ia akan memperkenankan hobbynya memperngaruhi kewajibannya terhadap rumah tangga, pekerjaan, sekolah atau masyarakat sekitarnya.
Beberapa hal yang dipesankan Agus YB3HQM untuk Tim SOTA ORARI Lokal Pacitan adalah berusaha mematuhi Kode Etik Amatir Radio dan juga memperhatikan protokol kesehatan dalam berkegiatan Amatir Radio. "Kode Etik ini pegangan utama kita bagi seorang anggota ORARI, seorang amatir radio, karena masih masa pandemik, mari kita memutus rantai penyebaran Covid-19 dimulai dari diri kita sendiri dengan mematuhi protokol kesehatan." demikian pesan Agus YB3HQM Ketua ORARI Lokal Pacitan. [kdp1334]

Posting Komentar

0 Komentar