Simak, 6 Tips Belanja Elektronik secara Online agar Tak Mudah Tertipu

Sebuah cuitan netizen ramai di media sosial Twitter, mengenai kekecewaannya usai membeli perangkat elektronik hardisk eksternal secara online. Warganet itu merasa tertipu setelah membeli sebuah hardisk eksternal 2TB yang ternyata, usut punya usut, isinya hanya flashdisk dan besi pemberat.


Pengalaman tersebut juga sering dirasakan sebagian orang. Membeli barang secara online, tetapi barang yang datang tak sesuai ekspektasi. Kita pun tetap harus berhati-hati saat belanja online supaya tak mudah tertipu. 

Berikut tips berbelanja online secara aman: 

1. Memastikan situs web tempat berbelanja Melansir Safewise, setiap orang yang akan melakukan belanja online harus memastikan situs web tersebut aman. Periksa nomor telepon penjual dan coba hubungi. Jika tidak meyakinkan, coba untuk melakukan pencarian di internet mengenai situs web tersebut dan ulasannya. Apabila terdapat sesuatu yang tidak beres, tinggalkan situs web tersebut.

2. Kebijakan situs web terkait data pribadi Pastikan pengelola situs web tidak akan memberikan data pribadi ke pihak lain. Selain itu, usahakan memuat kebijakan pengembalian barang, garansi jika barang yang dikirim cacat, mengganti barang cacat, bahkan mengembalikan uang pembeli.

3. Jangan tergiur harga murah Harga menjadi salah satu komponen penting saat berbelanja online. Kendati begitu, pastikan bahwa harga masih dalam kisaran wajar, tidak terlalu murah atau beda jauh dari banderol pasaran. Jika memang ada promo yang ditawarkan, pastikan memperhatikan syarat dan ketentuan promo. 

4. Memperhatikan detail saat belanja online Konsumen harus memperhatikan detail barang saat berbelanja secara online. Sebelum membeli barang, lakukan perbandingan antara harga toko atau penjual, termasuk review atau penilaian barang tersebut.

5. Pembayaran Pembayaran menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan. Pertimbangkan setiap opsi pembayaran yang ada, pilih yang paling aman. Melansir National Cyber Security Alliance, menggunakan kartu kredit jauh lebih baik dibandingkan kartu debit. Hal ini karena konsumen yang merupakan pengguna kartu kredit akan lebih terlindungi jika terjadi kesalahan. Jangan lupa terus memeriksa laporan mutasi bank dan kartu kredit untuk memastikan tidak ada aktivitas pembayaran yang tidak sah.

6. Jaringan aman Saat melakukan belanja online, pastikan menggunakan jaringan yang aman dan terpercaya. Hindari pemakaian Wi-Fi gratis di tempat-tempat terbuka atau fasilitas umum, karena kita tidak pernah tahu ada tidaknya informasi yang dilacak atau dicatat.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak, 6 Tips Belanja Elektronik secara Online agar Tak Mudah Tertipu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/08/093000365/simak-6-tips-belanja-elektronik-secara-online-agar-tak-mudah-tertipu?page=all#page2.
Penulis : Mela Arnani
Editor : Rendika Ferri Kurniawan


Posting Komentar

0 Komentar