SOTA Gunung Gedebe YBJ/JI-065 dan Gunung Timang YBJ/JI - 113


Gunung Gedebe YBJ/JI-065 dengan ketinggian 1110 m, berada di koordinat latitude: -7.9822, longitude: 111.2278 QTH Locator: OI52oa di Desa Sempu Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan, merupakan salah satu gunung penghasil getah pinus di Kecamatan Nawangan. Pada sabtu sore tanggal 04 September 2021, YC3EQN (Lik Memet), YD3CNH (Lik Joko), YG3DSY (Lik Edy), YG3DST (Kang Supri), YD3BFB (Mas Wiby), YD3BLA (Mas Suluh) dan YD3BLW (Kang Anto), berangkat ke summits Gunung Gedebe dalam kondisi cuaca berkabut tebal menyelimuti summits, sehingga perjalanan agak melambat karena jarak pandang hanya dua meter saja dan kontur tanah yang gembur sehingga perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam melangkah. Sekira pukul 19.00 WIB, team SOTA sudah sampai di titik summits. “Selain ber SOTA ria, rencana kami di Gunung Gedebe adalah camping“ ujar Lik Edi (YG3DSY) sambil ditemani putranya yang ikut ke summits kali ini. “Nyoba nesting baru ya“ YC3EQN menimpali, diselingi tawa rekan-rekan yang ada.



Masyarakat di sekitar Gunung Gedebe mayoritas adalah petani dan pengrajin batu alam ada batu asah, cobek dan ulekannya, monggo jika mau membeli cobek dan ulekanya berkunjung ke Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan dijamin asli batu dan buatan tangan penduduk. Malam di Gunung Gedebe terasa sangat dingin kabut tebal tetap menyelimuti malam kami, sampai pagi pun datang masih diselimuti kabut menambah suasana di Gunung Gedebe menjadi lebih syahdu.


Pagi hari saya (YD3AXD), ikut ke summits Gunung Gedebe bersama YG3EBD dan YD3BLG. Sebagai penduduk lokal yang sudah hafal seluk beluk Gunung Gedebe, YG3EBD mencari jalan pintas menuju ke summits dan tak butuh waktu yang lama untuk sampai ke summits. Akhirnya team SOTA Gunung Gedebe berkumpul bersama, persiapan mendirikan antena untuk 40 Meter Band dan 2 Meter Band yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Di 2 meter band activator adalah YD3AXD dan di 40 meter band Activatornya adalah YG3DSY,YD3CNH dan untuk pertama kalinya YD3BFB mencoba di 40 Meter band yang malam sebelumnya mencoba ber QSO di VR IO86 tetapi gagal karena ada trouble pada antena moxson nya.


Team membawa catu daya 4 buah accu ternyata masih sangat mencukupi kebutuhan kami untuk penerangan kami di malam hari dan untuk radio baik di 2 meter maupun di 40 meter band. Pada kesempatan ini team berhasil melakukan panggilan summit to summit (S2S) ke summits YBJ/JI-113 Gunung Timang yang akan di aktivasi lagi oleh YD3ASV (Om Deny) dan YG3FDR (Kang Paijo) yang berada di Desa Nglaran Kecamatan Tulakan. Gunung Timang merupakan gunung yang sakral bagi warga Nglaran atau gunung pertapan (semedi).

Cuaca yang mendukung, mempercepat perjalanan YD3ASV dan YG3FDR ke summits, yang sampai di summits langsung seting antena di 144 MHz dan 7 MHz, dilakukan dengan cepat dan cekatan.


Pada chaser kami ucapkan banyak terimakasih semoga di kegiatan SOTA selanjutnya kita bisa berjumpa kembali dan jangan lupa masukkan log chaser anda di web https://www.sotadata.org.uk/en/ ....73 de YD3AXD



e-QSL Gunung Gedebe :

https://drive.google.com/drive/folders/1XFWap1v7selZn0_qmrrxRXhVkaYHl-q1?usp=sharing

https://drive.google.com/drive/folders/1hQ36EVVwIfaHwBq8xrnEnKz6oVptvJCX?usp=sharing



Posting Komentar

0 Komentar