Sisi Lain SES 8B277PN : Pasang Spanduk Foto Bupati dan Wakil Bupati


Kantor pemerintah bukan, atau rumah pejabat pemerintahan juga bukan tetapi foto Bupati dan Wakil Bupati Pacitan dengan pakaian adat jawa terpampang dengan jelas. Adalah anggota ORARI Lokal Pacitan yang memasang spanduk dengan gambar petinggi kabupaten ini seakan memberikan penjelasan bahwa mereka sedang berkegiatan amatir radio dalam rangka Hari Jadi ke-277 Kabupaten Pacitan Tahun 2022.

Kegiatan Special Events Station (SES)/Special Call dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pacitan ini terselenggarakan oleh anggota ORARI Lokal Pacitan dengan semangat. Biaya dan peralatan radio yang digunakan miliknya sendiri, biarpun dengan segala keterbatasan yang ada. Namun dengan rasa handarbeni akan segala potensi daerah tetap dilaksanakan kegiatan amatir radio melalui SES/Special Call. 

Biarpun kegiatan mandiri yang dilaksanakan anggota ORARI Lokal Pacitan namun kegiatan ini resmi sebagaimana ketentuan yang berlaku. Ijin Amatir Radio Khusus 8B277PN berasal dari Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo RI, kemudian operator kegiatan semuanya memiliki IAR dan callsign yang resmi dan band frekuensi yang digunakan sesuai dengan ketentuan pula. Biarpun kegiatan mandiri dari amatir radio tetapi pelaksanaannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua ORARI Lokal Pacitan, Agus YB3HQM menyatakan, "Kegiatan SES 8B277PN ini adalah kelanjutan dari kegiatan serupa tahun 2021 lalu 8B276PN, dengan upaya adanya perbaikan dan penyempurnaan seperlunya dari sisi teknis kegiatannya." Lebih lanjut Agus YB3HQM menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan SES 8B277PN ini antara lain : memperkenalkan potensi Kabupaten Pacitan melalui frekuensi radio, ajang pertemuan amatir radio dari seluruh dunia melalui frekuensi radio dan yang terpenting menurut Agus YB3HQM adalah, sebagai sarana latih diri bagi anggota ORARI Lokal Pacitan dalam berkomunikasi sebagaimana SOP yang berlaku.

Sesuai dengan ijin dan kewenangan menggunakan frekuensi 8B277PN akan memancar pada band frekuensi VHF dan HF dengan mode : phone, digital (FT8, FT4 dan RTTY) juga satelit. Pada awalnya komunikasi satelit tidak direncanakan namun dalam perkembangan diskusi sesama anggota ORARI Lokal Pacitan, komunikasi satelit dilaksanakan pada tanggal 27 Pebruari nanti sebagaimana permohonan kepada LAPAN dan BRIN. 

Sampai tulisan ini dibuat (22/2) adalah hari kedua pelaksanaan Special Call 8B277PN, sudah terjadi kontak komunikasi radio sebanyak 219 stasion radio amatir baik dari Lokal Pacitan, Indonesia bahkan sampai ke amatir radio yang berasal dari Australia, Asia, Eropa dan Amerika. Batas negara dan jarak seakan tidak menjadi hambatan dalam melaksanakan komunikasi radio.

Stasion radio yang berhasil kontak dengan 9B277PN akan berusaha mencari informasi terkait 8B277PN ini dari mana, siapa, dan bagaimana. Untuk itulah ORARI Lokal Pacitan membuat akun di qrz.com. Akun website ini adalah data-base amatir radio dunia. Melalui web ini amatir radio dari mana saja berada dapat melihat identitas dari 8B277PN. Kaitan dengan hal ini Agus YB3HQM menambahkan, "setiap stasion radio yang berhasil komunikasi dengan 8B277PN akan mendapatkan eQSL - tanda bukti telah berkomunikasi dua arah elektronik - yang bisa diunduh di website ORARI Lokal Pacitan oraripacitan.or.id".

eQSL didesain sedemikian rupa yang isinya data komunikasi radio yang dilaksanakan juga terdapat gambar/foto tentang keindahan alam Kabupaten Pacitan yang menakjubkan.

Kegiatan masih terus berlangsung sebagaimana postingan sebelumnya di website ini. Dan dari pengalaman hari-hari sebelumnya kegiatan 8B277PN mendapat sambutan yang antusias dari amatir radio di mana saja berada di muka bumi ini.

See you on band.....

73        

Posting Komentar

0 Komentar